Selasa, 30 Januari 2018

Cerita Hamil Mil #3: Review Dr. Diah Rumekti SPOG (K) di RSIA Adinda Jogja


Aloow~ Saat ini usia janin aku masuk 12 w. Alhamdulillah wasyukurillah mual-muntah sudah berkurang dan sudah bisa makan nasiii, horay!!

Sebenarnya jadwal kontrolku masih 2 minggu lagi ke dr. Mitta di JIH. Tapi, dasarnya aku kepo dan pengin memastikan lagi ke dokter yang lebih senior, (mengingat riwayat kehamilan pertama yang beresiko) jadi aku nyoba periksa ke dr. Diah Rumekti di RSIA Adinda. Kebetulan lokasinya nggak jauh dari rumah. Dulu pas kali pertama kontrol sebenarnya udah daftar sama dokter ini, tapi pada hari H eh dokternya berhalangan dan diganti dokter lain.

Sebelumnya aku telpon dulu daftar H-1. Jadwal dr. Diah Rumekti adalah Senin, Selasa, Kamis, Sabtu pukul 17.00 WIB. Tapi, nanti nomor urutnya sesuai kedatangan, jadi aku datang pukul 17.00 kurang, alhamdulillah nomor 4 dan RS masih sepi. Tempat nunggu juga enak dan bersih. Kursinya sofa jadi bisa lendot-lendot manja.

Sebelum masuk ruang periksa, aku tanya ke suster di FO. Jadi, dr. Diah Rumekti ini (k) atau subspesialisnya fetomaternal. Itu intinya untuk kehamilan beresiko gitulah ya, penyakit-penyakit kehamilan gitu katanya. Cucmey.

Begitu masuk, benar adanya kata khalayak bahwa dr. Diah Rumekti ini cantik wkw, cara bicaranya juga halus, tak lupa senyum. Namun, dibalik itu ada ketegasan yang tersimpan dalam sanubarinya. Akika kena omel gara-gara minta surat izin sakit, LOL. Kata beliau, harusnya beliau yang menentukan, bukan eke. Ya gimana dok, pusing akika buat kerja T.T.

Saat usg yang hanya beberapa detik itu beliau hanya bilang, "Ini ya bayinya, panjangnya 5cm, sudah ada detak jantung." Sudah, itu sadjaa~ Detak jantung jg tidak dikumandangkeun seus. Gapapa sih, aku udah dengar sebelumnya.

Lalu, jiwa kepo aku menyeruak kan yah, aku tanya usia segini udah kelihatan apa aja, usia berapa bisa mendeteksi kelainan, misal down syndrom, dll.

Beliau menjawab bahwa usia segini semuanya berkembang. Untuk usg yang lebih detil nanti ada waktunya saat 18-24w. Maksudnya ini usg 4 dimensi kayaknya, bukan dengan alat usg yang dipakai saat itu. Oiya, hasil usg di Adinda ini nggak begitu jelas, nggak sejelas usg di JIH.


Baca juga: USG di JIH

Tentang kelainan beliau menegaskan bahwa nggak usah mikirin itu, nggak usah banyak baca, salah-salah malah dapat info yang nggak benar. Iya sih, internet emang suka menjerumuskan ke lembang browsing yang berkepanjangan dan jadi aeng-aeng, LOL. Beliau juga meyakinkan bahwa eik ini sedang konsultasi dengan dokter spesialis konsultan, jadi percaya aja, gitu intinya mah.

Nah, intinya sih seperti dugaanku, kalau mau aeng-aeng ke dokter senior, nggak usah banyak sotoy dan siap mental aja. Kalau beliau nggak bilang apa-apa, ya berarti aman, LOL. Pengalamanku kalau ke dokter senior selalu gitu. Memang nggak membuatku nyaman, tapi ilmu dan pengalamannya ya nggak diragukan lagi. Buat yang suka kepo dan sotoy harap siap mental pokonya mah ;))).

Gitu deeeh, kontrol lagi bulan depan. Masih belum mutusin lanjut ke dr. siapa. Masing-masing ada plus minusnya. Kalau Pak Baba sih yakin dokter Diah ini pinter. Aku pun tak ragu lah makcikkk~ Cuman jiwa haus pengayoman ini penginnya tetep diceritain yang panjang lebar kan ya tentang kondisi bayi, hehehe.

Oiya, kontrol di sini murcinta bambinaaa. Aku hanya habis 226.000, usg 75ribu, dokter 105ribu, obat flu 16ribu, dan sisanya obat pengencer darah. Biasanya di JIH habis 600ribuan, fantastic baby dance!

Love,
@diladol

8 komentar:

  1. Malam mbak, mau tanya itu kontrol ke dokter diah tahun brp ya? Ini aku baru mau ke dokter diah tsb..masih galau juga mau dokter yg mana. Soalnya baru tau hamil..hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ak skr masih kontrol di dr. dyah mba, biaya dokternya 105rb, trus USG print 75rb kalo ga di print 45rb belom sama vitamin mba.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. sama banget mba, ak berharapnya ke dokter dijelasin macem2 yang ga boleh apa dsb. maklum ya bumil pertama kali jd rada heboh sendiri..hehe
    tp ternyata engga, nanya ada pantangan ga dll cm dibilang "intinya org hamil itu sehat, jgn dianggap sakit"
    dan pulangnya aku kecewaa dg jawabnnya yg tegas singkat dan padat ituu..huhuhuhu

    BalasHapus
  3. Bun mau tanya dong .
    Skrang jadwal dr. Diah rumekti hari apa aja ya?
    Trimakasih

    BalasHapus
  4. Dr diah revomrecomm banget dri anak ke 2 saya disana.drnya ramah.apalagi saat lahuran,g kebanyakan dr berdoa ,doain kita,dr dia slalu berdia dan berdizikir.pokoknya bikin ayem.emang tegas bgt.

    BalasHapus
  5. Betul bgt, dokter Diah ini tegas tapi lembut jg. Aku pun pernah kena omel gegara ke-kepo-an dan ke-sotoy-an aku 😂 tapi untung ku udah baca cerita mbak ini sebelumnya jd ku sudah siapkan mental sih dan gak kapok balik ke beliau. InsyaAllah ilmu beliau akan sangat membantu para bumil semua 😊

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus